Jumat, 03 April 2009

LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK


Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus pada hari Sabtu tanggal 4 April 2009 mengadakan Lokakarya Nasional Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok.

Kegiatan tersebut menampilkan empat pembicara, yaitu (1) Drs. Aswotono, M.Pd. Pengawas SMP Kabupaten Kudus yang juga sebagai Ketua ABKIN Cabang Kabupaten Kudus, (2) Dra. Yeni Karneli, M.Pd.Kons. dari UNP Padang yang sekarang sedang mengambil Program Doktor Bimbingan dan Konseling UM Malang, (3) Drs. Sucipto, M.Pd.Kons. dosen Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Muria Kudus, (4) Kusnarto, S.Pd.Kons. dosen Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Semarang.

Masing-masing menyajikan materi:
1. Beban Kerja Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
2. Azas-azas Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok, Pembentukan Kelompok, Warna Konseling dalam Konseling Kelompok
3. Tahap-tahap Penyelenggaraan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok
4. Teknik dalam Kegiatan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok

Setelah penyajian materi dilanjutkan dengan tanya jawab dan pelatihan di kelas-kelas.
Fasilitasi dilakukan oleh empat pemateri dan para mahasiswa Pendidikan Profesi Konselor (PPK) Universitas Negeri Semarang: Naning Dwi Setyo Astuti, Edi Busono, Sri Wahyu Widayati, Ambar Eko Y, Ahmad Rifa'i, Mastur, Iriani, Ariana K dan beberapa peserta (guru pembimbing/konselor) yang sudah LULUS PLPG dan memperoleh sertifikat pendidik.
Peserta lokakarya kurang lebih 130 terdiri dari mahasiswa PTS dan PTN, dan guru yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Demak, Grobogan, Semarang, dan Tegal).

Tidak ada komentar: